• Home
  • /
  • Review
  • /
  • Tips Cara Aman agar Motor Tidak Mati ketika Banjir
motor tidak mati saat banjir

Tips Cara Aman agar Motor Tidak Mati ketika Banjir

Bencana banjir menjadi sesuatu yang sama sekali tidak bisa diprediksi. Apalagi ketika Anda berangkat kerja dan tiba-tiba hujan, bisa saja beberapa jam setelah itu banjir akan menggenangi jalan yang Anda lewati.

Efeknya motor yang Anda gunakan bisa mati jika tidak memahami tips melewati banjir. Oleh karena itu, jika sangat terpaksa melewati banjir, usahakan untuk memahami tipsnya agar motor tidak mati di tengah jalan.

Tips Melewati Banjir dengan Motor

1.     Putaran Mesin Motor Stabil

Tips pertama yang harus Anda lakukan ketika terpaksa melewati genangan banjir adalah memastikan putaran mesin atau rpm stabil. Jangan sampai Anda melewati banjir dengan putaran mesin yang tidak stabil seperti saat berkendara kondisi biasa.

Karena jika Anda menurunkan putaran mesin secara mendadak dan cukup signifikan, bisa menyebabkan air masuk lewat knalpot dan bagian mesin lainnya. Tapi dengan menjaga putaran mesin tetap stabil, maka akan menghadang air agar tidak sampai masuk ke dalam mesin.

2.     Putaran Mesin Tinggi

Nah, tips lain yang bisa Anda gunakan adalah dengan menggunakan putaran mesin motor yang tinggi dan juga stabil. Berkendara dalam kondisi banjir dengan putaran yang rendah bisa menyebabkan air lebih mudah masuk ke dalam bagian mesin, biasanya lewat knalpot.

Baca Juga: Alat Press Velg, Kembalikan Bentuk Velg Motor yang Peyang

Untuk mensiasati masalah ini, Anda bisa menggunakan putaran mesin tinggi agar dorongan pembuangan asap dari knalpot bisa lebih besar dan kuat. Sehingga air yang akan masuk ke dalam knalpot akan selalu tertolak dan gagal.

Putaran mesin tinggi harus Anda gabungkan dengan putaran yang stabil. Agar air tidak tersedot ke dalam ketika putaran mesin tiba-tiba Anda turunkan. Selain itu, putaran mesin yang tinggi juga membawa laju motor lebih cepat.

Ban bagian depan akan mampu membelah genangan banjir yang ada di jalan. Sehingga genangan akan pecah dan tidak sampai masuk ke bagian mesin motor Anda. Tapi harus diperhatikan, Anda harus berhati-hati ketika berkendara dengan kecepatan tinggi saat banjir.

Karena motor menjadi tidak stabil ketika memecah genangan banjir dan sangat berisiko kecelakaan. Usahakan menaikkan kecepatan secara bertahap dan pastikan motor tetap stabil. Jika tidak mampu mengendalikan, maka gunakan rem agar putaran mesin tetap tinggi tapi kecepatan rendah.

3.     Tidak Melepas Saringan Udara

Saringan udara yang dilepas memang membuat udara lebih mudah masuk dan perapian lebih lancar. Tapi ini sangat tidak dianjurkan ketika sedang musim banjir, karena air juga akan lebih mudah masuk ke dalam karburator.

4.     Perhatikan Kondisi Busi

Tips selanjutnya perhatikan selalu kondisi busi motor Anda. Pastikan agar cop busi tidak rusak agar bisa mencegah air masuk ke dalam busi. Selain itu, hindari menggunakan motor bebek. Posisi mesin rebah membuat busi juga berada lebih rendah. Bisa berisiko membuat air lebih mudah masuk.

Banjir menjadi salah satu masalah yang selalu datang setiap tahun. Untuk menghadapinya Anda perlu memahami tips berkendara melewati banjir agar terhindar dari mogok di tengah jalan. Kalau sampai mogok di jalan, bukan hanya malu saja, tapi Anda juga akan kesulitan menyelamatkan motor.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top