• Home
  • /
  • Review
  • /
  • 5 Tips Sebelum Menggunakan Motor untuk Jarak Jauh
motor jarak jauh

5 Tips Sebelum Menggunakan Motor untuk Jarak Jauh

Sebelum melakukan perjalanan dengan jarak yang cukup jauh, Anda perlu memperhatikan dengan baik kondisi motor yang digunakan. Karena jika tidak, bisa berisiko mengalami masalah sepanjang perjalanan. Apalagi jarak yang jauh tentunya akan sangat merepotkan sekali jika terjadi masalah.

Mungkin Anda juga sudah paham beberapa tips utamanya ketika ingin berkendara dengan jarak yang jauh. Selain menghindari terjadinya masalah, pengaplikasian tips ini bisa membuat perjalanan menjadi nyaman dan aman.

Tips Berkendara Jarak Jauh

1.     Cek Oli Mesin

Tips pertama yang sangat umum dilakukan adalah cek apakah oli mesin sudah waktunya diganti atau belum. Biasanya oli mesin memiliki masa ganti ketika sudah mencapai kilometer 2000 an.

Jika memang sudah mendekati waktunya ganti, sebaiknya Anda ganti agar lebih nyaman. Oli mesin yang lama digunakan akan menjadi lebih cepat encer. Efeknya onderdil di dalam mesin bisa berisiko mengalami gesekan.

Dampaknya bisa menyebabkan mesin menjadi bermasalah dan yang terburuk harus turun mesin. Apalagi saat akan Anda gunakan untuk perjalanan jauh, maka sangat disarankan menggantinya lebih awal. Mesin yang bekerja tanpa henti bisa menyebabkan oli lebih cepat encer.

2.     Rem

Tips selanjutnya adalah cek bagian rem depan dan belakang. Rem menjadi bagian yang sangat penting pada motor, karena menjadi pengaman utama ketika berkendara. Apalagi saat digunakan untuk jarak jauh, sangat dianjurkan mengecek kondisi rem.

Baca Juga: Jasa Setup Bengkel, Solusi Segala Peralatan Bengkel Anda

Cek apakah kampas rem sudah habis atau belum? Kampas rem yang habis bisa menyebabkan rem menjadi keras dan tidak bisa digunakan dengan baik. Jika kampas rem belum habis, pastikan kedalaman tuas rem sudah diatur agar bisa digunakan dengan nyaman dan baik.

3.     Ban dan Velg

Jangan lupa untuk mengecek kondisi ban sehari sebelum berkendara jarak jauh. Anda harus mengecek ban seperti ketebalan, apakah sudah botak atau belum? Cek juga tekanan angin ban, usahakan agar tekanan pas dan nyaman ketika digunakan berkendara.

Karena tekanan ban yang terlalu tinggi akan menyebabkan suspensi menjadi tidak nyaman. Tekanan ban yang kurang juga berbahaya ketika digunakan pada belokan.

4.     Rantai dan Belt CVT

Sebelum berkendara jauh, cek kondisi rantai atau Belt CVT untuk motor matic. Bagian ini sangat jarang sekali diperhatikan orang-orang. Apalagi untuk motor matic, posisi Belt di dalam CVT menyebabkan pengecekan lebih rumit, karena harus membongkar box CVT.

Tapi meski rumit, Anda harus tetap mengecek kondisi Belt CVT motor matic. Karena bisa saja ketika digunakan dalam kecepatan tinggi, tiba-tiba Belt tersebut putus. Tentunya ini sangat merepotkan sekali. Cek apakah Belt sudah waktunya diganti atau belum?

5.     Lampu

Lampu juga sangat penting untuk Anda cek sebelum perjalanan jauh. Terlebih saat ini kendaraan roda dua harus menyalakan waktu di siang hari. Jadi, pastikan lampu menyala dengan baik sebelum berangkat.

Setiap bagian motor harus Anda cek sebelum melakukan perjalanan jauh. Karena itu akan membuat perjalanan Anda menjadi nyaman dan aman tanpa ada kendala selama di jalan. Jangan lupa untuk menjalankan tips di atas, tentunya demi keselamatan Anda sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top