• Home
  • /
  • Review
  • /
  • 5 Tips Meninggalkan Motor untuk Waktu yang Lama
tips motor ditinggal lama

5 Tips Meninggalkan Motor untuk Waktu yang Lama

Pada momen tertentu, Anda biasanya harus meninggalkan motor sampai beberapa hari atau bahkan beberapa pekan. Bisa karena pekerjaan yang mengharuskan ke luar kota atau juga sedang menikmati mudik dan pulang kampung tanpa membawa motor pribadi.

Perlu diketahui, ketika motor ditinggalkan ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, agar motor tersebut tetap aman dan tentunya tidak ada masalah pada mesinnya. Karena banyak yang hanya sekedar menutupi motor saja tanpa memperhatikan bagian lainnya.

Tips Meninggalkan Motor

1.     Lepaskan Sambungan Aki

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah melepaskan sambungan arus aki di dalam motor. Ini menjadi tips wajib pertama yang harus Anda lakukan. Karena sangat sering sekali ketika motor ditinggal beberapa hari, maka timbul masalah pada kelistrikannya.

Masalah ini masih bisa Anda kurangi jika ada orang yang dapat menolong untuk memanasi motor. Tapi jika motor Anda benar-benar dalam kondisi mesin mati dalam waktu yang lama, maka harus mencabut sambungan arus akinya.

Baca Juga: Press Body Motor, Body Motor Kembali ke Bentuk Semula

Masalah yang datang jika tidak melepas sambungan aki adalah motor menjadi sulit dinyalakan ketika pertama kali digunakan. Anda harus menggunakan kick starter sampai beberapa kali baru bisa hidup lagi. Oleh karena itu, demi kenyamanan, lepaskan sambungan arus dari aki.

2.     Gunakan Standar Tengah

Tips selanjutnya Anda juga harus menggunakan standar tengah jika motor ditinggal dalam jangka waktu yang lama. Tujuan tips ini adalah agar ban motor Anda tetap aman terjaga dari risiko kempes.

Ketika menggunakan standar satu, maka beban motor sepenuhnya fokus pada ban. Lalu jika ditinggalkan cukup lama, ban lama-lama bisa kempes karena dibebani bobot motor. Tipsnya gunakan standar tengah agar beban bobot motor bisa dibagi merata dan meminimalisir beban pada ban.

3.     Gunakan Gembok

Ketika sedang di kos atau kontrakan dan harus mudik, maka Anda harus menggunakan gembok untuk keamanan yang lebih tinggi. Jangan sampai Anda meninggalkan motor sampai beberapa hari dengan kondisi kunci ganda saja.

4.     Isi Penuh Tangkai atau Kosongkan

Mungkin tips ini jarang diperhatikan oleh para pengguna motor. Jadi, sebenarnya Anda harus mengisi penuh tangki bensin atau mengosongkannya sampai habis. Tujuannya adalah untuk bisa menghindari penguapan yang berdampak negatif pada sisi dalam tangki.

Selain itu, mengisi sampai penuh juga bermanfaat ketika Anda ingin langsung menggunakannya, sehingga tidak perlu lagi mencari pom bensin.

5.     Pastikan Motor Bersih

Sebelum meninggalkan motor dalam jangka waktu yang lama, pastikan sudah dicuci atau paling tidak bersih dari kotoran dan air. Karena jika kotoran didiamkan dalam waktu lama, bisa jadi sulit dihilangkan dan bisa juga menyebabkan karat pada bagian motor.

Lalu motor yang bersih juga bisa mempermudah Anda membersihkannya ketika sudah akan digunakan kembali. Anda bisa juga memanfaatkan penutup motor agar debu tidak menempel.

Tips meninggalkan motor untuk waktu yang lama sangat penting diperhatikan. Agar motor Anda tidak mengalami masalah ketika akan digunakan kembali. Sehingga bisa tenang saat meninggalkan motor sampai beberapa pekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top